Monday 12 January 2009

MALAYSIA...Alamaaaaak...!!!


Depan Kantor Perdana Menteri Malaysia

Sebagai salah satu bagian dari mata kuliah Studio Perencanaan di Universitas Diponegoro Semarang, KKL ke luar negeri merupakan bagian penting karena akan melengkapi studi best practice studio perencanaan tersebut. Perjalanan KKL ke luar negeri kali ini adalah mengunjungi negara tetangga Malaysia dan Singapore, serta Batam (Indonesia). Berangkat menjelang siang hari dari bandara Internasional Adisumarmo-Solo, akhirnya rombongan tiba di Kuala Lumpur Malaysia pukul 11.45 WIB atau 12.45 waktu Malaysia. Dilanjutkan dengan makan siang di restoran lokal, akhirnya lepas sudah rasa lapar yang dari tadi ditahan.
Kunjungan pertama adalah kawasan kantor pemerintahan Putrajaya atau lebih dikenal dengan Perbadanan Putrajaya, Malaysia.


Depan Istana Kehakiman Malaysia

Kawasan perdana adalah adalah pusat bandar/kota Putrajaya. Tujuannya adalah untuk membangun sebuah kota baru yang kompak dan mantap. Kawasan perdana Putrajaya terdiri daripada lima kawasan pusat bandar. Pembagian kawasannya adalah seperti berikut :
• Kawasan Pusat Kerajaan [ 1.030,2 ha]
• Kawasan Pusat Komersial [ 358,6 ha ]
• Kawasan Pusat Umum dan Kebudayaan [ 257,7 ha]
• Kawasan Pusat Pembangunan Campuran [ 314,5 ha ]
• Kawasan Pusat Sukan (Olahraga) dan Rekreasi [ 678,1 ha ]
Total Luas [ 3.232,5 ha ]

Setiap kawasan di Putrajaya memiliki fungsi masing-masing yang saling mendukung keberadaan tiap kawasan sehingga menjadi sebuah sistem kota yang terpadu. Hal inilah yang menjadikannya sebagai sebuah kota impian. Dilengkapi dengan infrastruktur yang lengkap dan didukung oleh teknologi yang canggih menjadikan Putrajaya sebuah kota yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Fasilitas-fasilitas penunjang seperti untuk olahraga, pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan rekreasi juga terdapat disana.


Menara Twin Tower-Petronas

Twin-Tower atau sering dikenal dengan nama Menara Petronas merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia. Merupakan kebanggaan Negara Diraja Malaysia...kapan kita punya yang seperti ini yaa...?

No comments:

Post a Comment

Beri komentar artikel ini ya...